Skripsi Teknik Informatika dan Skripsi Sistem Informasi 0

kaem fujiwara the rider | 19.08 |

      Buat lo-lo semua mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmo komputer baik TI maupun SI ( untung gw udah ngelewatin tu tahap. SATU tahun gw ngelewatinnya wkwkwkwkwk ). Pasti sekarang –sekarang ini udah mulai pusing dengan urusan yang namaya SKRIPSI. Udah berbagai judul lo ajuin tetapi selalu ditolak. Oke bro untung membantu masalah – masalah lo itu. Ini ada beberapa topik atau arahan yang mungkin bisa membantu lo-lo untuk mencari ide untuk judul skripsi lo

A.   Pengamanan Portable Data

Saat ini sudah menjadi suatu trend umum bagi pengguna komputer maupun masyarakat luas untuk membawa flashdisk ( atau bahasanya gaulnya Fd) di karenakan harga flashdisk yang sudah terjangkau dan dengan kapasitas yang semakin besar STOP sampai disini!!!. Ide yang akan kita bahas adalah bagaimana cara mengamankan sebuah Flashdisk( portable stroge) dari tangan-tangan jahil ataupun mengamankan data-data yang terdapat didalam flashdisk tersebut. Sebagai contoh . Peminjaman flashdisk oleh seorang teman ataupun lo sendiri yang meminjam flashdisk. Pasti penasaran dengan data apa saja yang terdapat dalam flashdisk itu sendiri. So pasti bakal diperkosa tu flashdisk sesampainya dirumah. Nah supaya hal itu gak terjadi Bagaimana idenya untuk mengamankan flashdisk yang berisi data-data/folder penting. Dengan menggunakan enkripsi, hidden , maupun merubah ekstensi file/folder tersebut hayo gimana?

B.   Pengembangan Game dan Aplikasi untuk HP

Dulu pada awal-awal semester 7 sebenarnya gw udah ada niatan buat ngajuin topik skripsi dengan masalah game untuk hp maupun aplikasi untuk Hp. Tapi akibat kepentok resource PC gw plus PBO / OOP gw rada butek akhirnya gw nyerah. Tapi gw salut ama sohib gw D_bolz. Doi trus maju dan akhirnya sukses dengan game jungle hunternya untuk HP. Loh kok curhat .Stop sampai disini !!! ide yang akan kita bahas adalah so many idea untuk mengajukan judul skripsi yang berhubungan dengan HP, seperti aplikasi game ( tinggal lo cari aja tema gamenya ), dictionary ( kamus ), iqro digital. Aplikasi chatting. Pokoknya masih banyak . pesan gw siapin resource PC lu yang lumayan high ( untuk mencegah kelemotan ), mantapkan lagi PBO/ OOP , pelajari J2ME ( syarat mutlak ) 

C.   Sistem Pakar

Menurut Turban dan Aronson (2001), sistem pakar adalah sebuah sistem yang menggunakan knowledge di dalam komputer untuk memecahkan suatu masalah, yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh seorang pakar. Atau Sistem Pakar bisa juga didefinisikan sebagai suatu sistem yang menggantikan peran seorang pakar atau merepresentasikan peran seorang pakar ke dalam sebuah sistem .
Nah untuk ide diatas tinggal lo cari aja topiknya di google coz banyak juga kok yang bisa kita ambil untuk diadikan topik permasalahan. Intinya sebelum menentukan topik, tentukan terlebih dahulu “Siapa yang akan dijadikan pakarnya?” jadi intinya  jika lo tertarik dengan dunia kesehatan maka pakarnya adalah dokter, jika tertarik dengan
dunia ekonomi ekonom, dst. Jika anda telah menemukan pakarnya maka langkah selanjutnya kumpulkan permasalahan permasalahan apa saja yang bisa diselesaikan oleh pakar tersebut. Tentukan domainnya dan terakhir lakukan akuisisi data dan representasi pengetahuan. Kalo baca sistem pakar jadi inget ama OM yoan wkwkwkwkwk

D.   Decision Support System / Sistem Pendukung Keputusan

DSS atau yang lebih sering diartikan sebagai Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu aplikasi program komputer yang menganalisa aliran data dan mempresentasikannya sehingga user dapat membuat keputusan dengan lebih mudah. Banyak sekali topik yang bisa disusun berdasarkan tema ini, karena DSS dapat diaplikasikan di berbagai bidang mulai dari bidang ekonomi (penentuan debitur bank, saham, dsb), pendidikan (pemilihan jurusan, minat studi, dsb), pertanian, sosial, kesehatan dan sebagainya. DSS mungkin menunjukkan informasi secara grafis dan mungkin memasukkan sistem pakar atau AI.


E.   Logika Fuzzy

Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Di mana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran. Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit","lumayan", dan
"sangat". Jadi di dalam logika fuzzy kita bermain dengan “pasti” dan tidak pasti”. Aplikasi aplikasi yang menggunakan sistem logika fuzzy sering sekali dianggap atau dinamakan sebagai pengendali fuzzy (fuzzy control). Beberapa judul skripsi yang mengangkat tema logika fuzzy
  • Pengaturan Lampu Lalulintas Berbasis Fuzzy Logic
  • Pengenalan Aroma 2 Campuran dan Aroma 3 Campuran dengan Menggunakan Jaringan Neural Buatan
  • Berbasis Logika Fuzzy: Metode Propagasi Balik Fuzzy dan Luq Fuzzy
  • Aplikasi fuzzy servqual untuk identifikasi preferensi kepuasan konsumen
Nah kalo rada aneh ama yang diatas tinggal cari aja lebih jauh dengan google coz gw juga masih rada abu-abu

F.    Kriptografi klasik

kriptografi klasik adalah kriptografi yang sangat sederhana dan hanya menggunakan kombinasi 26 alphabet.Di dalam kriptografi klasik, ini terdapat beberapa jenis kriptografi yang kemudian dijadikan sumber inspirasi untuk oleh para perancang algoritma kripto. Diantaranya:
  • Kripto Substitusi : pada penyandian ini, setiap huruf dalam teks terang akan tepat berkorespondensi satu satu dengan teks sandinya.
  • Kripto Transposisi: teknik penyandian diaman huruf-huruf dalam teks terang hanya dimanipulasi letak posisinya (transpose) untuk menjadi teks sandi.
  • Sistem RSA dan DES : Kedua sistem inilah yang kemudian menginspirasi munculnya algoritma algoritma moderen yang saat ini banyak digunakan dalam sistem komputer dan sistem jaringan komputer, sebagai sistem keamanannya.
  • Sistem One Time Pad (OTP) : sistem yang juga dikenal sebagai One Time Key (OTK) dan diakui sebagai sistem kripto yang ideal, yaitu sistem yang paling kuat diantara sistem sistem sandi yang ada, dari awal mula kripto dikenal dan dipakai, sampai saat ini. Sistem ini dijadikan panutan bagi sistem enkripsi yang ada.
  • Rotor Machine : sebuah mesin sandi kuno yang pada mulanya dipakai oleh para praktisi kriptografi
Di dalam kriptografi, juga dikenal istilah Kriptoanalisis dan juga kriptosystem. Kriptoanalisis adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk untuk mengetahui isi pesan yang ditransmisikan oleh pengirim dan juga penerima sebagai pemilik yang sah atas berita tersebut. Nah dalam proses kripro analisa ini, banyak cabang ilmu yang bisa dilibatkan dan terlibat , diantaranya adalah MATEMATIKA, STATISTIK, BAHASA, INTELIJEN, dan ilmu pendukung lainnya. Menarik sekali bukan? Bagaimana ? tertarik ?#$@#%**???

G.  Steganografi

Steganografi adalah penggabungan antara seni dan teknik. Mungkin istilah ini belum sepopuler“kriptografi”. Di dalam kamus Wikipedia, Steganografi diartikan sebagai penyamaran atau penyembuyian dan graphein yang artinya adalah tulisan. Jadi steganografi juga dapat diartikan sebagai seni menyamarkan/menyembunyikan pesan tertulis kedalam pesan lainnya. Penyembunyian atau penyamaran pesan ini dibuat sedemikian rupa sehingga pihak lain tidak mengetahui bahwa ada ‘pesan lain’ didalam pesan yang dikirimkan. Hanya pihak penerima yang sah saja yang dapat mengetahui ‘pesan lain’ tersebut. Jika pada kriptografi, karakter pesan diubah/diacak menjadi bentuk lain yang tidak bermakna, dalam steganografi pesannya masih dipertahankan, hanya penyampaiannya saja yang dikaburkan/disembunyikan dengan berbagai cara. Penyembuyian/penyamaran pesan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan gambar, lukisan, sebuah artikel, daftar belanjaan, majalah atau media elektronis/digital yang biasa disebut digital watermarking seperti file MP3, videoclip, gambar digital, file dokumen dan lainlain yang difungsikan sebagai covertext atau penutup pesan.
Tema atau topik ini bisa lo kaitkan dengan topik pengamanan informasi, penyandian, jaringan bahkan bisa juga lo analisis seberapa besar pengaruh dari teknik penyamaran steganografi ini dalam masyarakat IT. Nah kebetulan topik ini yang gw angkat sebagai tema skripsi gw. Lumayan ribet juga bro maen-maen di biner 

0 Responses So Far: