Berdasarkan studi rapleaf.com yang dilakukan di berbagai situs jejaring sosial, menyatakan bahwa populasi wanita lebih banyak daripada pria, dengan rasio rata-rata: pria 47% sedangkan wanita 53%.
Pada situs-situs jejaring sosial yang populer (seperti facebook, myspace, dan flixster) didapatkan bahwa wanita muda jauh lebih aktif beraktivitas di situs daripada pria muda, sedangkan wanita berusia 35-50 tahun adalah segmen yang paling cepat berkembang, terutama di myspace. Pria yang telah menikah (atau berkeluarga) adalah segmen yang paling sedikit jumlahnya di situs-situs jejaring sosial ini.
Perbedaan ini terjadi karena pria muda memiliki lebih banyak waktu luang yang dapat mereka gunakan untuk beraktivitas di depan komputer, daripada pria yang telah berkeluarga. Rendahnya aktivitas pria muda bila dibandingkan dengan aktivitas wanita muda, karena pria muda memiliki banyak ketertarikan aktivitas di luar situs jejaring sosial, terutama video games, role-playing fantasy games (seperti World of Warcraft, dan first-person action games (seperti Grand Theft Auto). Sedangkan pria yang senang dengan casual games, lebih cenderung memilih Poker atau permainan taruhan lainnya.
Kebanyakan wanita lebih menyukai casual games yang banyak tersedia di situs jejaring sosial (seperti farm ville, farm town, yoville). Wanita muda juga menghabiskan banyak waktu untuk menghias halaman profil jejaring sosial mereka.
Aktivitas online wanita cenderung bermotivasi untuk membina hubungan relasi daripada bertransaksi sebagaimana pada aktivitas online pria. Wanita menghabiskan waktunya di jejaring sosial untuk membangun relasi, berkomunikasi dengan teman-teman, dan mencari teman baru. Wanita yang telah berkeluarga menggunakan jejaring sosial untuk menampilkan gambar / foto dan membuat profil mereka sebagai home page keluarga dalam berbagi dengan teman dan relasi.
Karena wanita menggunakan jejaring sosial untuk bersosial, maka pemasaran bisnis yang bertarget pengguna wanita akan menjadi lebih prospektif daripada pengguna pria. Disamping wanita lebih suka berbelanja daripada pria, wanita cenderung lebih suka untuk menyampaikan pada teman-temannya tentang apa yang telah mereka beli - jadi advertiser akan mendapatkan keuntungan ganda dari pengguna wanita - asal produknya bagus dan sesuai harapan.
Pria dari Mars dan Wanita dari Venus
Mars adalah simbol dewa perang - berkaitan dengan kejayaan individu - jadi tak heran bila situs personal pria lebih berfokus pada "aku".
Sedangkan Venus adalah simbol dewa cinta - berkaitan dengan kerjasama - sehingga situs personal wanita lebih berfokus pada "kami".
Mars dan Venus di Situs Jejaring Sosial | 0 |
0 Responses So Far: